Masjid Baitul Makmur

Bangunan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh tampak sangat cukup unik. Ini dikarenakan gaya arsitektur diadopsi dengan perpaduan Timur Tengah, Asia, dan asli Aceh serta pemilihan warna cokelat cerah yang dikombinasikan dengan warna merah bata di kubah masjid.

gerbang Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh

Masjid yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat ini memiliki ciri khas masjid yang dapat dilihat secara kasat mata. Adalah tiga kubah utama yang diapit dua kubah menara air berukuran lebih kecil. Bentuk kepala semua kubah sama, yakni bulat berujung lancip, khas paduan arsitektur Timur Tengah dan Asia. Masjid ini dilengkapi dua menara baru yang membuat masjid terlihat semakin megah dan dapat berfungsi sebagai landmark wilayah setempat. Gerbangnya pun terlihat sangat anggun, seakan-akan menegaskan bahwa siapa pun yang memasuki gerbang akan menjumpai pemandangan yang sangat indah.

Di dalam masjid terlihat dua konsep ruang yang berbeda. Pertama, pengunjung disambut oleh ruangan yang memiliki banyak tiang penyangga lantai dua sebagai mezzanine. Di bagian tengah terdapat ruang lapang yang terasa sangat lega dengan ornamen lampu hias tepat di tengahnya. Inspirasi gaya arsitektur Timur Tengah terlihat dari bentuk mihrab yang sangat indah didominasi warna cokelat dan nuansa keemasan khas material perunggu dengan ornamen khas Islam. Kesan mewah dan sejuk langsung terasa saat menatapnya.

mihrab Masjid Agung Baitul Makmur, MeulabohMasjid kebanggaan masyarakat Aceh Barat ini termasuk 100 masjid terindah di Indonesia. Tercatat dalam buku karya Teddy Tjokrosaputro & Aryananda yang diterbitkan oleh PT Andalan Media. Buku tersebut juga menyajikan tentang sejarah, lokasi, data teknis dan keindahan dari 100 masjid yang ada di Indonesia. “Buku ini mengupas tentang sejarah dan foto-foto resolusi tinggi dalam menyajikan keindahan dari 100 masjid terindah yang yang ada di Indonesia,” kata Sekretaris Umum Badan Kemakmuran Masjid Agung Baitul Makmur, Muchsinuddin MS SAg.

”Kami bangga dengan ditetapkan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh sebagai masjid yang terindah bersama 100 masjid lainnya di nusantara, karena hal ini akan berdampak positif terhadap perkembangan masjid dan meningkatnya jumlah jamaah di masjid kebanggaan masyarakat di Aceh Barat ini,”  ujarnya.

Information

Find More