Masjid Al Furqon

Masjid AL Furqon diketahui merupakan cikal bakal berdirinya perguruan tinggi islam yakni Fakultas Islam di Lampung bernama Fakultas IAIN Raden Intan Lampung.

Menara Masjid Agung Al Furqon Bandar Lampung

Awal pembangunan masjid Al-Furqon diprakarsai oleh Peresiden RI pertama Ir. Soekarno. Masjid ini kini jadi kebanggaan dan terbesar di kota Bandar Lampung.

Masjid paling megah di kota ini berletak pada tempat strategis, selalu dijadikan tempat salat berjamah warga dari berbagai kalangan di Bandar lampung maupun daerah lainnya.

Presiden Soekarno pada tahun 1951 membeli lahan tersebut dan mewakafkannya dibangun sebuah masjid. Sepuluh tahun kemudian atau  pada tahun 1961, akhirnya di lahan tersebut diletakan fondasi tahapan lainnya untuk pembangunan sebuah masjid dan menjadi cikal-bakal pembangunan Masjid Agung Al-Furqon.

masjid-agung-al-furqon

Masjid Al Furqon tak hanya bisa dijadikan tempat beribadah bagi umat muslim di Bandar Lampung, karena letaknya yang di jantung kota biasa juga menjadi tempat warga berwisata dan lokasi berfoto bagi muda-mudi. Saat ini masjid yang menjadi salah satu icon Kota Tapis Berseri ini tengah dilakukan pembangunan taman. Pada halaman masjid terdapat relief wali songo di sisi kiri taman yang pengerjaannya dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung. Tak hanya itu, pada tahun 2016 mendatang pemerintah daerah setempat berencana akan membangun dua buah menara besar dengan ketinggian 100 meter di halaman Masjid Al Furqon ini yang bentuknya nanti dibuat seperti menara di Masjid Madinah.

Information

Find More