Masjid Ukhuwah Islamiyah

Masjid yang berada dalam lingkungan kampus, sudah sepatutnya menjadi oase ke-ilmuan bagi peradaban Islam.

Masjid_UI_2

Masjid ukuwah Islamiyah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid UI terletak di dalam lingkungan Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Secara administratif, areal kampus UI sebenarnya berada di dalam dua wilayah. Sebagian dari wilayah kampus UI di kawasan Jakarta Selatan, namun sebagian besar wilayah dari kampus UI masuk dalam kawasan Kota Depok. Demikian juga Masjid Ukuwah Islamiyah berada di dalam wilayah kota Depok.

Bangunan masjid memiliki luas 1.444 m2 yang di bangun di atas lahan seluas 28.000m2. Daya tampung masjid sendiri hingga 3500 jamaah. Masjid Ukhuwah Islamiyah tercatat berdiri sejak tahun 1987, bangunanya yang berada tepat di tepi danau UI memberikan nuansa kesejukan tersendiri untuk beribadah.

img_3324

Suasana megah akan langsung terlihat saat memasuki ruang utama masjid, empat pilar berbentuk kurva memberikan kesan yang megah pada bagian dalam masjid. Ruangan utama masjid sendiri dikhususkan untuk jamaah pria, sedangkan jamaah wanita dapat menempati ruang balkon lantai dua yang terletak di sekeliling ruang utama.

Kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh pengurus Masjid Ukhuwah Ismaiyah seperti pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS), serta berbagai kegiatan studi Islam. Hal yang menarik adalah studi Islam yang diadakan di masjid ini selalu mendatangkan dosen pengajar di lingkungan kampus UI, sehingga studi Islam dapat di perdalam bukan hanya dari segi aqidah, namun juga dari segi ilmiah. Kegiatan studi Islam di masjid ini bak-nya kegiatan perkuliahan, karena masjid ini juga dilengkapi dengan pelbagai sarana multimedia untuk mendukung kegiatan tersebut.

Masjid adalah bagian yang sangat penting dan sentral bagi ummat Islam. Sejarah berbagai perguruan tinggi Islam berasal dari masjid. “Sudah sepatutnya UI menjadi bagian dari oase peradaban masjid Ukhuwah Islamiyah. Mari wujudkan Masjid ini menjadi pesantren besar bagi bangsa Indonesia, khususnya Sivits Akademika UI,” ujar Ketua Dewan Pengurus Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Periode 2015-2017, Dr. H. Muhammad Luthfi Zuhdi, MA.

Beberapa forum mahasiswa UI seperti Forum Remaja Masjid (FRM), Depok Islamic Study Cyrcle (DISC) Masjid Ukhuwah Islamiyah UI, Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM) UI dan Rohis-rohis di fakultas juga menjadi mitra strategis Masjid Ukhuwah Islamiyah, mereka saling  bekerjasama dan mewarnai berbagai kegiatan di masjid ini.

Diharapkan kedepannya, Sivitas Akademika UI yang bergama Islam dapat memiliki bekal dan nilai-nilai universal Islam dari Masjid Ukhuwah Islamiyah UI.

Information

Find More