Masjid Jakarta Islamic Centre

JIC dulunya adalah sebuah lokasi “kelam”, yaitu lokalisasi Kramat Tunggak, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Gerbang_Jakarta_Islamic_Centre

Jakarta Islamic Centre (JIC) adalah sebuah masjid yang terletak didekat Pasar Koja, Jakarta Utara. Menurut pihak pengelola, JIC adalah  masjid terbesar tanpa tiang di Asia Tenggara. JIC berdiri diatas lahan bekas panti sosial milik Wanita Teratai Harapan Kramat Tunggak, yang terletak di Jalan Kramat Jaya RW 019, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Luasnya mencapai 109.435 m2. Kramat Tunggak dahulu begitu populer tidak hanya di Indonesia, namun hingga ke negeri tetangga sebagai lokalisasi terbesar Se-Asia Tenggara.

Ketika memasuki area JIC, halaman yang begitu luas langsung menyambut, lengkap dengan air mancur yang terletak di pintu kedua. Luas bangunan masjid 16.627 Meter dan mampu menampung jamaah sebanyak 7.260 untuk ruang shalat utama. Bangunan terdiri dari 3 lantai, lantai pertama  adalah toilet, lantai ke dua tempat wudhu dan lantai ke tiga tempat shalat.

Dari segi Arsitektur bangunan, JIC memiliki cita rasa Betawi berpadu Eropa dengan Timur tengah. JIC dilengkapi dengan menara setinggi 114 meter yang disimbolkan sesuai dengan jumlah surat dalam Al – Qur’an. Selain itu JIC merupakan manifestasi dari sifat-sifat keperkasaan (Al-Jabbaru), Kemegahan (Al-Mutakabbiru), sekaligus kelembutan dan keindahan (Al-Lathief). Di sekeliling masjid, sangat banyak taman dan pohon-pohon yang sangat lebat, selain itu di depan masjid ada bebeapa air mancur, hampir di setiap sisi depan masjid air mancur mangalir indah.

JIC

 

Sebagai pusat syiar Islam, JIC memiliki fasilitas sangat lengkap dan nyaman, dimulai dari area parkir yang luas, Taman, Gudang, Tempat penitipan sepatu/sandal, Aula Serba Guna, Perpustakaan dan lainnya yang dapat menunjang kegiatan di masjid ini. JIC juga melengkapi diri dengan stasiun pemancar Radio JIC. Meski belum se-populer radio terkenal di Jakarta,  Radio JIC  telah menempati posisi tersendiri di hati para penggemar setianya.

Information

Find More