Masjid Tuatunu

Berada di pinggir jalan raya di Kelurahan Tuatunu, Kecamatan Gerunggang, Pangkalpinang, Pulau Bangka. Untuk mencapainya harus meninggalkan jalanan Pangkalpinang yang lebar dan mulus, melewati jalanan yang lebih sempit sepanjang beberapa kilometer melewati perkampungan sampai akhirnya  tiba di perkampungan Tuatunu, dimana penduduk asli Melayu Bangka bertempat tinggal.

tuatunu-great-mosque-in-bangka-indonesia-04

Masjid Raya Tuatunu adalah masjid terbesar di Pulau Bangka, di lingkungan sederhana seperti Tuatunu ini, Masjid Raya Tuatunu menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat.

Masjid Raya Tuatunu diresmikan pada tanggal 20 Maret 2008. Dibangun di atas tanah seluas 9.920 m2. Bangunan utama nya memiliki luas 1.444 m2, memiliki menara masjid dengan tiga dek pandang setinggi 47,5 meter. Satu kubah utama tumpang yang besar terpasang berdampingan dengan empat kubah kecil di atas menara pendek pada keempat sudut bangunan.

Memasuki ruangan utama masjid, bagian mihrab merupakan mimbar kayu jati dengan ornamen ukir kaligrafi pada bagian atas depan, dibelakangnya kaca patri warna dasar krem bergaris jingga dan hijau bertuliskan lafaz Allah. Bagian ini merupakan salah satu bagian yang indah di dalam ruangan utama Masjid Raya Tuatunu. Menonjol karena kaca patrinyyang terlihat sangat berkelas.

Dilengkapi dengan jaringan internet dan bedug digital, Masjid Raya Tuatunu menyandang status sebagai bangunan paling modern, terluas dan terbesar di wilayah ini. pantas menjadi kebanggaan masyarkat setempat.

Information

Find More