Masjid Pogung Dalangan

Terletak pada Padukuhan Pogung Kidul, Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta, Masjid Pogung Dalangan merupakan masjid tertua di antara 4 empat masjid jami’ yang ada di wilayah itu. Masjid Pogung Dalangan layaknya ibu bagi masjid-masjid lainnya, berkat kepengurusan Masjid Pogung Dalangan masjid-masjid yang lain di wilayah Mlati dapat dibangun.

Berawal dari waqaf tanah oleh Bapak Juari Sastroatmodjo seluas 150m 2, pada tahun 1973 Masjid Pogung Dalangan mulai dibangun. Setelah 2 tahun masa pembangunannya, akhirnya pada tahun 1975 Masjid Pogung Dalangan  bisa dipergunakan. Semua berkat gotong-royong warga pogung dan sekitarnya.

Seiring perkembangan kampus-kampus yang ada di Yogyakarta khususnya Universitas Gajah Mada (UGM ) yang terletak sangat dekat dengan Padukuhan Pogung Kidul, perkembangan kehidupan beragama masyarakat Pogung semakin terpicu termasuk perkembangan jama’ah Masjid Pogung Dalangan yang semakin banyak.

Pada 1988 Masjid Pogung Dalangan diperluas dengan membeli tanah dari ahli waris Bapak Juari seluas 150m2, pembelian tanah merupakan hasil sumbangan dan gotong-royong warga. Dengan bertambahnya luas masjid membuat Kegiatan pada di Masjid Pogung Dalangan semakin leluasa. Maka pada tahun 1977 TK Amal Kartini didirikan sebagai bentuk kepedulian untuk menanamkan akhlaq islam sejak dini.

MPD-2010

Jama’ah yang semakin padat dan tidak tertampung membuat pengurus masjid turut mendirikan Masjid Al Ashri (Pogung Rejo), diikuti Masjid Siswa Graha (Pogung Kidul), dan Masjid Pogung Raya (Pogung Dalangan). Di akhir tahun 2009 Kondisi Masjid Pogung Dalangan semakin tua dengan jamaah shalat yang semakin penuh membuat takmir memutuskan untuk merenovasi total Masjid Pogung Dalangan. Sampai akhirnya tahun 2011 Masjid Pogung Dalangan yang baru sudah jadi dan bisa ditempati untuk kegiatan shalat rawatib dan shalat jumat.

Jama’ah Masjid Pogung Dalangan kembali semakin penuh, bahkan sering sampai meluber ke jalan di akhir tahun 2014. Kegiatan keagamaan-pun seperti belajar membaca al quran dan pengajian juga semakin padat. Membuat takmir kembali menetapkan untuk melakukan perluasan Masjid Pogung Dalangan ke arah selatan masjid dengan luas kurang lebih 280 s.d. 300 m2.
Kini, Penggalangan dana untuk pembebasan tanah tahap I mulai dilakukan dan langsung terkumpul di bulan April sehingga bisa terbeli tanah seluas 111 m2 dari ahli waris Almarhum Bapak Juari. Penggalangan dana terus berlanjut untuk pembebasan tanah tahap II dan alhamdulillah pada pertengahan Agustus bisa dibeli tanah dari Bapak Eko Sutopo seluas 169 m2.

Information

Find More