Masjid Al-Munawwarah

Salah satu masjid terbesar di kota Ternate dan menjadi icon serta Landmark sekaligus kebanggan masyarakat Ternate. Masjid Al Munawar memananjakan jama’ah melalui arsitektur yang menawan.

masjid raya ternate3

Masjid ini bila dilihat dari kejauhan seakan-akan mengapung di tengah laut dengan latar pemandangan alam di sekitar masjid yang sangat indah. Gunung Gamalama menjadi latar pemandangan di belakang Masjid memberi kesan sejuk berpadu dengan kemegahan di tempat ini. Tak heran Masjid Al Munawar, Ternate menjadi destinasi umat yang melancong ke Ternate.

Pada tahun 2003 Bapak Syamsir Andili sebagai Walikota Ternate mempelopori dimulainya pembangunan Masjid Raya di Kota Ternate. Masjid ini kemudian diberi nama Al Munawwar yang berarti bercahaya dan bersinar. Pembangunan Masjid rampung pada tahun 2010 berkat dukungan seluruh warga kota ternate dan masyarakat Maluku Utara. Masjid Al munawar dibangun di atas laut yang konon terinspirasi dari masjid di timur tengah tanpa mengesampingkan filosofi kedaerahan.

Masjid Almunawar diresmikan pada tahun 2010 oleh Walikota Ternate Ba[ak Syamsir Andili. Bangunan masjid sekarang terdiri dari empat menara kembar, sebuah kuba raksasa dan gedung masjid dua lantai sebagai tempat ibadah serta lantai basement sebagai tempat wudhu.

Bagian dalam masjid memiliki 12 pilar yang melintang arah saf dan 12 pilar membujur arah saf. Jumlah bilangan 12 tersebut sesuai dengan tanggal kelahiran Nabi Muhammad S.A.W, sedang 4 pilar besar sebagai simbol 4 amirul mukminin sahabat Rasulullah sekaligus melambangkan 4 Kesultanan yang ada di Maluku Utara yaitu Kesultanan Ternate, Kesultanan Tidoe, Kesultanan Bacan dan Kesultanan Jailolo. Pilat-pilar tersebut untuk menyanggah sebuah kubah raksasa yang besarnya 256 m2 sebagai lambang Keesaan Allah SWT.

img_20111204232635_4edb9f3b78416

Masjid Al Munawar, Ternate di bangun di tepi pantai, awalnya dua dari empat menaranya terletak di atas laut, membuat banyak orang menyebutnya sebagai masjid apung. Sayang dua menara yang berada di atas air tersebut dirobohkan pada tahun 2012 karena kerusakan pada bagian pondasinya.

Dibangun di atas lahan seluas 6 Hektar, dengan luas masjid nya sendiri mencapai 9512 meter persegi, masjid ini dirancang untuk menampung 15.000 jamaah sekaligus. Masjid Al-Munawwar termasuk kategori bangunan monumental dan mewah dimana beberapa bahan bangunan seperti keramik dan lampu didatangkan langsung dari Negara Turki.

Dari Masjid Al Munawar, Ternate beragam pemandangan menarik dapat disaksikan, antara lain Pulau Tidore, pesisir Halmahera, hingga aktivitas di Pelabuhan Ahmad Yani. Jika malam telah tiba, Masjid Al Munawar juga terlihat sangat indah karena dipenuhi dengan cahaya lampu berwarna-warni. Keindahan masjid inilah yang menarik banyak orang untuk berfoto disekitar masjid karena pemandangan yang indah terasa sayang untuk dilewatkan.

Information

Find More